• Membangun Hutan Pendidikan Senaru

    a

    Program studi kehutanan terus berupaya meningkatkan pelayanan akademik melalui pemantapan fasilatas penunjang pembelajaran, salah satunya UPT Hutan Pendidikan Senaru. Survei lokasi pengembangan hutan pendidikan senaru dilakukan pada tanggal 29 Maret 2014 meliputi kegiatan pengukuran dan pemetaan siteplan. kegiatan ini langsung dipimpin oleh Kaprodi kehutanan Unram Dr. Sitti latifah berikut dengan beberapa stafnya.

    Adapun fasilitas yang yang akan dibangun meliputi blok pengembangan tanaman lombos, kopi, ketak, pakis, budidaya lebah madu, selain itu untuk meningkatkan pelayanan mahasiswa direncanakan pula penambahan bangunan fisik seperti kantor, aula, dan mes, sedang fasilitas yang sudah ada saat ini antaralain bangunan kantor, mes, camping ground, blok penanaman gaharu, dan jalur tracking sepeda.

    Berdasarkan sejarahnya, kawasan Hutan di KHDTK Senaru merupakan bagian hutan yang mengalami kerusakan bersamaan dengan rusaknya sebagian besar hutan di wilayah utara P. Lombok pada awal tahun 1990-an. Sebelumnya kawasan KHDTK ditutupi oleh vegetasi alami yang berfungsi sebagai hutan produksi. Di tahun 2004 Kementrian kehutanan RI memberikan ijin kelola KHDTK kepada Program Studi Kehutanan Universitas Mataram untuk kepentingan Pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Comments are closed.