• Ajang Pemilihan MAWAPRES UNRAM 2015 segera digelar, Daftarkan diri anda!

    xzv

    LATAR BELAKANG

    Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan tangguh. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses. Acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu melakukan identifikasi mahasiswa yang berprestasi di kedua kompetensi itu dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi (Mawapres). Di sisi lain perguruan tinggi juga diharapkan melaksanakan pendidikan dengan memperhatikan sinergitas dan keharmonisan bidang kurikuler, ko dan ekstra kurikuler yang capaiannya diharapkan dapat memiliki kompetensi baik hardskill maupun softskill secara seimbang.

    TUJUAN

    1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi.

    2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan
    hard skills dan soft skills mahasiswa.

    3. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

    PESERTA

    Peserta Pemilihan Mawapres adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang terdaftar di PD-Dikti.

     

    PERSYARATAN

    A. Persyaratan Umum

    Persyaratan umum adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai kelengkapan pemilihan mahasiswa beprestasi, yaitu:

    1. Warga Negara Republik Indonesia.

    2. Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VIII dan pada saat pemilihan Mawapres di tingkat nasional belum dinyatakan lulus, serta berusia tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 Januari 201 5 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.

    3. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00.

    4. Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan.

    5. Belum pernah menjadi finalis pemilihan Mawapres tingkat nasional pada tahun-tahun sebelumnya.
    B. Persyaratan Khusus

    Persyaratan khusus adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta pemilihan Mawapres, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi calon Mawapres, yaitu:

    1. Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester.

    2. Karya Tulis Ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku.

    3. Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris.

    4. Prestasi/Kemampuan yang Diunggulkan (10 terbaik) yang dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

    5. Kemampuan berbahasa Inggris dan Bahasa PBB lainnya (bila ada/mampu).

    JADWAL PEMILIHAN

    Pemilihan Mawapres dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat jurusan/departemen; fakultas; perguruan tinggi (Universitas/Institut/Sekolah Tinggi); dan tingkat nasional, dengan prosedur dan tahapan sebagai berikut.
    A. Tingkat Perguruan Tinggi dan Kopertis Wilayah

    Prosedur pemilihan Mawapres pada tingkat perguruan tinggi (PTN/PTS) diatur sebagai berikut:

    1. Pemilihan Mawapres tingkat jurusan/departemen/bagian; fakultas, dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh jurusan/departemen/bagian; fakultas.

    2. Pemilihan Mawapres tingkat perguruan tinggi dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan, sedangkan di tingkat Kopertis Wilayah dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah yang bersangkutan.

    3. Hasil pemilihan pada setiap jenjang (jurusan/departemen/bagian; fakultas dan perguruan tinggi) dituangkan dalam Berita Acara Pemilihan.

    4. Mawapres terbaik, 1 (satu) orang hasil dari pemilihan di PTN dikirimkan ke tingkat nasional.

    5. Mawapres terbaik, 1 (satu) orang dari pemilihan di PTS dikirimkan ke Kopertis Wilayah.

    6. Tiga orang terbaik dari hasil pemilihan di tingkat Kopertis Wilayah dikirimkan ke tingkat nasional.

    B. Tingkat Nasional

    Pemilihan Mawapres di tingkat nasional dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Ristek dan Dikti, dengan tahapan sebagai berikut.

    a. Perguruan tinggi negeri mendaftarkan 1 (satu) calon dan Kopertis Wilayah 3 (tiga) calon Mawapres Sarjana (untuk mendapatkan PIN per mahasiswa/PT) melalui http://mawapres.dikti.go.id. Kopertis Wilayah menyerahkan PIN kepada calon Mawapres melalui PTS pengirim.

    b. Calon Mawapres dengan menggunakan PIN, melengkapi isian formulir/ menggunggah data dan atau persyaratan sesuai ketentuan (formulir pendaftaran, biodata, foto, IPK, karya tulis ilmiah dan ringkasan, link video, kemampuan/prestasi unggulan).

    c. Pendaftaran mulai tanggal 11 s.d. 28 Mei 2015.

     

    Informasi Lebih Lanjut kunjungi http://mawapres.dikti.go.id atau dapat langsung mengujungi sekretariat Prodi Kehutanan Unram

     

Comments are closed.