• Membangun Kerjasama Dengan Negri Jiran

    2MATARAM – Sabtu tanggal 25 April 2015, Prgram Studi Kehutanan Universitas Mataram menyambut kedatangan tamu dari Fakulty Perhutanan Universitas Putra Malaysia (UPM). Kedatangan mahasiswa UPM ini terkait dengan kegiatan kunjungan rutin yang bertajuk “lawatan sambil belajar UPM”. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh keluarga besar Program Studi Kehutanan, namun juga Wakil Rektor III Universitas Mataram dan perwakilan mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Mataram. Acara ini berlangsung dengan sangat khidmat dan meriah. Kegiatan diawali dengan menyanyikan mars masing-masing universitas dan dilanjutkan dengan perkenalan universitas. Kegiatan ini juga dipadukan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Bapak Andi Pramaria yang pada kesempatan itu berbicara tentang Pengenalan Sumber Daya Hutan di NTB dan juga perwakilan dosen dari Fakulty Perhutanan Universitas Putra Malaysia bapak Dr. Sazali yang menyampaikan materi mengenai ekosistem Gunung Kinabalu Malaysia.

    Kegiatan ini merupakan kunjungan perdana yang dilakukan oleh UPM di Indonesia. Kegiatan kunjungan luar negeri sebelumnya mengambil tempat di Negara-negara ASEAN lain seperti Vietnam, Singapura, dan Kamboja. UPM membawa peserta sebanyak 51 orang yang merupakan mahasiswa semester IV yang berasal dari jurusan Manajemen Hutan di Fakulty Perhutanan UPM. Kegatan ini juga mengakomodir satu mata kuliah yang  bertajuk rekreasi alam.

    Dr. Sazali selaku dosen pendamping dari Fakulty Perhutanan UPM menyampaikan bahwa dengan mengunjungi Pulau Lombok mereka berharap dapat mempelajari budaya serta menikmati keindahan ekosistem-ekosistem hutan yang ada di pulau Lombok. Dengan  adanya kerjasama dengan  Program Studi Kehutanan diharapkan dapat meningkatkan sillaturahmi antar sesama fakultas, kemudian dapat bertukar ide mengenai isu-isu yang berkaitan dengan bidang kehutanan. Karena ini merupakan yang pertama kali mereka ke Pulau Lombok, para peserta tentunya merasa bersemangat. Hal yang patut diacungi jempol adalah mereka dalam kegiatan kunjungan ini tidak dibiayai oleh fakultas. Mereka mengeluarkan biaya sendiri, bahkan mereka saling membantu agar biaya yang mereka tanggung tidak terlalu berat.

    – KPM Sylva

Comments are closed.