• Workshop Kurikulum Prodi Kehutanan Unram

    _mg_6171

    KPM Sylva – Mei 2015. Program studi kehutanan mengadakan pra-workshop pada hari senin tanggal 11 Mei 2015 di hotel Santika dimulai pada pukul 09.00 – 18.00 WITA dengan judul Program studi Kehutanan dan Asosiasi KPH se-Indonesia. Kegiatan pra-workshop ini mengundang Asosiasi KPH se-Indonesia, para pakar kehutanan, perwakilan dari universitas Arizona Utara, Universitas Arizona, Universitas Aberystwyth, universitas-universitas di daerah NTB, dan kepala UPT BPTHHBIKA, BKSDA, dan BPDAS. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Program studi Kehutanan dengan Universitas Arizona Utara dan Universitas dari Inggris.

    Kegiatan pra-workshop dibuka dengan sambutan dari ketua Asosiasi KPH se-Indonesia, ketua Program studi Kehutanan, dan Bapak Wakil Rektor I Universitas Mataram. Dengan pembicara Prof. Haryadi Kartodiharjo yang mengulas tentang “Sains, Policy, Manajemen Dalam Rangka Membangun KPH Berbasis Ilmu Pengetahuan” dan Dr. Hendrayanto yang mengulas tentang “Bagaimana Membangun dan Mengembangkan Kapasitas Lembaga Pendidikan Kehutanan Untuk Bisa Terlibat Aktif Dalam Membangun KPH Kedepannya”.

    Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kerjasama antar KPH dengan para peneliti dan perguruan tinggi. Sebagaimana dijelaskan dalam sambutan oleh ketua Asosiasi KPH se-Indonesia bahwa selama ini KPH “sendirian” , berkonsultasi dengan pakar-pakar tertentu, dan KPH miskin akan data, sehingga diharapkan dengan adanya kerjasama data-data tersebut dapat disuplay dari hasil riset para pakar dan perguruan tinggi.

    Hasil dari kegiatan pra-workshop ini akan diidentifikasi bentuk-bentuk kebutuhan dan peluang kerjasama kemudia menjadi pembahasan dalam kegiatan workshop yang akan dilaksanakan pada bulan November. “Hasil pra-workshop ini akan ditindak lanjuti. Karena akan meresahkan apabila kerja sama hanya dilakukan pada tingkat akademisi,kemudian hasil kerjasama tersebut baik itu berupa jurnal atau lainnya namun tidak bermanfaat bagi para pengelola” ujar Ibu Sitti Latifah dalam sambutannya.

Comments are closed.