• Forestry camping 2017

    KEGIATAN PRATIKUM FOSERTRY CAMPING

    OLEH: SANDY PURNAMAkelompok 2

    MATARAM, 21 januari 2017 Program Kehutanan Universitas Mataram mengadakan praktikum mata kuliah Foresry Camping. Kegiatan praktikum tahun ini berbeda dengan pratikum di tahun sebelumnya yang dimana kegiatan pratikum pada tahun ini baik dari komposisis kepanitiaan maupun dari konten praktikum mengalami berubahan yang sangat signifikan.

    Panitia terdiri dari Dosen, Staff akademis hingga mahasiswa lintas angkatan. pemilihan mahasiswa menjadi panitia dalam kegiatan ini merupakan hasil dari seleksi dari panitia pelaksana yang memiliki kemampuan baik dari akademik maupun non akademik.

    kegiatan  forestry camping harus diawali dengan pemberian materi didalam kelas kemudian di implemntasikan di lapangan. tidak hanya itu ditahun ini kegiatan forestry camping juga di isi dengan kegiatan sosial seperti pendididkan konservasi hingga melakukan kegiatan mini riset. rangkaian acara didesain sedemikan rupa untuk menciptakan rasa kepedulian mahasiswa kepada lingkungan dan tanpa mengurangi nilai keilmiahan dalam sebuah kegiatan praktikum.

    Narasumber yang di hadirkan dalam memberian materi baik dilapangan maupun didalam kelas merupakan para tokoh yang ahli di bidangnya yang masing-masing baik berkaitan  tentang kehutanan, medis hingga survavial di dalam hutan, tidak hanya itu materi tentang pembentukan karakter juga di berikan kepada peserta forestry camping tahun ini hal tersebut sejalan dengan program revolusi mental yang di gaungkan oleh pemerintah Jokowi-JK. Rangkaian kegiatan dimulai pada tanggal 21 januari 2017 dan akan berahir pada 31 januari 2017. KHDTK Senaru adalah salah satu KHDTK untuk tujuan pendidikan yang dikelola Universitas Mataram sesuai Surat Keputusan Menteri Kehutanan No SK 392/Menhut-II/2004. KHDTK merupakan kawasan hutan produksi yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di bagian selatan dan areal pertanian di bagian utara.

    kelompok 10

    Praktikum tersebut diikuti oleh lebih dari 114 mahasiswa kehutanan universitas mataram angkatan 2016 dan merupakan praktikum lapangan pertama bagi mereka. kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalakan KHDTK Senaru kepada mahasiswa 2016 selain itu juga untuk membiasakan mahasiswa siap dilapangan.

     

Comments are closed.